Copyright © 2016 www.dickidirmania.com
SITEMAP | CONTACT US | TERMS & CONDITIONS
Bismillahirrahmanirrahim
Cerdas Menyikapi Kritikan
Cerdas menyikapi kritikan di perlukan bagi semua orang yang ingin maju. Kritikan adalah kekuatan yang akan mendorong seseorang untuk mengevaluasi diri, melihat kesalahan dan memperbaiki kesalahan tersebut sehingga kedepannya seseorang bisa menjadi lebih baik lagi.

Ada dua jenis kritikan yaitu kritikan membangun dan kritikan membunuh. Supaya kita bisa mensikapi kritikan dengan baik maka kita harus memahami kedua ciri kritikan tersebut.

Ciri krtitikan yang membangun
  1. Tidak hanya menyalahkan tetapi juga memberikan solusi
  2. Diucapakan dengan bahasa yang sopan
  3. Tidak memperlukan
  4. Di landasi dengan dasar yang kuat

Ciri-ciri kritikan yang membunuh
  1. Hanya menyalahkan tanpa member solusi
  2. Di ucapkan dengan bahasa yang kasar
  3. Sengaja untuk mempermalukan
  4. Tidak di landasi dengan dasa yang kuat

Setelah kita memahami ciri-ciri kritikan seperti apa yang telah di paparkan di atas maka kita akan bersikap secara bujaksana dalam menanggapi kritikan. Terus bagaimana menyikapi kritikan tersebut. Di bawah ini akan di jelaskan tentang cara mensikapi kritikan secara positif.

Hadapi kritikan dengan senyuman

Senyum akan membawa energi tersendiri bagi anda. ketiak sebuah kritik di ucapakan usahakan untuk selalu tersenyum. Jangan kita tegang atau malah menunjukkan perasaan tidak suka. Senyum juga akan menunjukkan bahwa anda kita adalah orang yang sudah siap untuk di kritik.

Melihat sudut pandang pengkritik

Perlu kita pahami beda orang beda pandangan, karena setiap orang memiliki latar belakang keluarga, pendidikan, ekonomi dan tingkat pendidikan yang berbeda. Cobalah untuk bisa memahami hal ini, lihat sudut pandang pengkritik ketiak memberikan kritikan, dan katakanlah hal itu wajar karena memang dia memiliki latar belakang yang berbeda dengan diri kita.

Jangan larut dengan perasaan sakit hati

Kritikan kadang memang sangat pedas, apalagi kritikan yang sifatnya ingin menjatuhkan kita, maka yang kita lakukan janganlah kita terlalu larut dengan sakit hati, segera kembalikan kesadaran kita bahwa kita ini sedang di uji supaya kita tetap kuat menghadapi hidup ini.

Ketiga hal di atas sangat ampuh untuk menyikapi sebuah kritikan, hal ini sudah saya buktikan sendiri dalam kehidupan saya. Saya percaya semua orang punya cara sendiri-sendiri dala m menyikapi kritikan. So kalau ada yang perlu di tambahkan silahkan di tulis di kotak komentar, supaya semua orang bisa mengambil hikmah dari setiap kritikan yang ada.

Terima Kasih atas kunjungan para sahabat di Blog yang sederhana ini, semoga dapat memberikan Informasi dan Inspirasi bagi anda. Alangkah berkesan jika sahabat berkenan memberikan Komentar dan saran dari setiap Artikel yang kami muat.